Selasa, 16 Juli 2013

Teman bukan sih???


Malam semuaaaahh...

Bagaimana kabarnya hari iniihhh?? Sehat barang tu???<Jawab dalam hati sajaahh>

Kali ini mau berbagi sesuatu *Syahrini banget deh ah*..
Sebenarnya dari kemarin-kemarin pengen posting ini,tapi berbenturan dengan mood yang seringnya kaya' rollercoaster...

Duluuu banget,pas masih kuliah.. Eh salah,bukan dulu banget,kalau pake banget kesannya udah lamaaa banget yah.. Terus,ntar gue disangkain seangkatan lagi sama Mpok Nori..
Jadiii, waktu kuliah dulu,punya temen satu jurusan di Fakultas ISIP,sewaktu kuliah anaknya sih enak yah dijadiin temen. Kalem,ga banyak omong,trus yaaa,cakep deh yaaaa... Namanya,kita sebut saja Bunga. Nah,pertemanan dengan si Bunga ini sebenarnya wajar yah.. Kita sesama mahasiswa/i Kristen yang seangkatan rajin membantu ibu memasak di dapur,hehhehehe,ngacoo.. Rajin saling memberi kabar satu dengan yang lainnya.

Lulus kuliah,dengan semangat membara dan nafsu mencari kerja yang memburu,saya memberanikan diri ke Jakarta. Saat itu dengan bermodalkan Ijazah D3 dan tampang imut-imut,berangkat ke Jakarta. Si Bunga teman saya ini sudah lebih dulu diterima disalah satu perusahaan provider kenamaan. Keren deh seragamnya waktu itu.

Selama di Jakarta,saya jarang banget,bahkan hampir ga pernah berurusan atau pun saling memberi kabar ama itu orang,tapi kalau sama teman - teman yang lain,ya lumayan sering juga. Beberapa lama di Jakarta,saya balik ke Medan,Batak pulang kandang istilahnya. Mulai bergerilya mencari pekerjaan baru,3 minggu di Medan,akhirnya keterima di perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Mulai lagi deh ajakin teman-teman semasa kuliah dulu buat ketemuan.

Keanehan,bukan keanehan sih sebenarnya,perubahan lebih tepat yah. Perubahan menonjol mulai terlihat dari Bunga,dia mulai menyombongkan diri,mulai secara sengaja merendahkan temannya. Hal yang sebenarnya tidak saya sadari kalau saja tidak diingatkan oleh beberapa teman yang lain.

Dia berani mengatakan bahwa pekerjaan saya tidak menjanjikan *lu kata manusia,menjanjikan* saat itu saya hanya tersenyum simpul,lalu ada beberapa teman yang lain yang mendapatkan perlakuan serupa. Perubahan menonjol semakin terlihat ketika salah satu teman kami sekaligus sahabat saya lulus tes untuk menjadi PNS,dia seperti kebakaran jenggot. Saya sih heran yah,saya aja berteriak kegirangan sewaktu tahu sahabat saya itu lulus,lha kenapa dia ga ya? Malah nanyain "eh,lu bayar berapa buat lulus kemaren?".... Mental orde baru banget yah...

Tapi yang namanya hidup,kan pasti berputar. Ga berapa lama,kontraknya di perusahaan tersebut diputus,tapi dia malu mengakui kalau kontraknya ga diperpanjang. Alasan dia kemarin sih,udah bosen kerja disitu,sempet saya bilangin "kerja boleh bosen,lu ingat gajinya napa biar kaga bosen",eh eh eeehhh,ga tahunya karena di cut pemirsaaaa.. Namanya temen yaaa,pastinya saya dan teman-teman yang lain juga ga tega melihat dia ga punya kerjaan,saya dan teman yang lain ikut membantu mencarikan,kebetulan di tempat saya bekerja saat itu membutuhkan tenaga admin,saya merekomendasikan dia. Yeaaaahh,perusahaan yang kata dia dulu tidak menjanjikan. Dia dipanggil oleh HRD untuk melakukan interview serta psikotest. GA LULUS BROOOOOO. Tapi,dia tetap menyombongkan diri dengan berkata "emang perusahaan kelas apa sih,pakai test2 begitu segala",saya dalam hati hanya bisa ngedumel,kalau aja bukan temen,udah gua sate kali ini anak.

Nah,dia akhirnya diterima di salah satu perusahaan,tapi dasar anaknya belagu yeeee,ga bertahan lama juga. Yaaa,saya sama teman yang lain udah males aja dong bantuin dia,ogah-ogahan begitu anaknye,payaaahh..

Ternyata,setelah itu,di urusan percintaan pun dia ga mulus,hubungannya berakhir dengan sang pangeran hati. Ga mau urus sih kalau untuk urusan percintaan dia. Dia mengau nasib ke Jakarta. Beberapa waktu yang lalu,keterima di perusahaan Korea *katanya lhooo,katanyaaaa*.Sewaktu dia tahu saya pacaran dengan Hot,dia sempat berkomentar pedas,mengatakan kalau saya menerima Hot karena statusnya sebagai salah satu pegawai di instansi pemerintahan. Yaelaaaahh,ini anak,udah jauh juga teteeeep aja nyebelin. Yang paling nyebelinnya sih,beberapa hari yang lalu nih,dia sempat ngatain kalau Hot itu aneh dan mempertanyakan saya apakah yakin menjalin hubungan dengan Hot. Saya hanya geleng-geleng kepala,tapi yah,waktu ditanya kenapa dia nanya sedemikian ke saya,dia bilangnya "gpp cha,ntar kalau aku ga nanya dibilang sombong,ditanya salah,ga ditanya salah".. Lhaaaaaa,gue juga ga ngareeeepp kale ditanyai sama demotivator kaya elluuuuu...

Dia juga seriiing banget nyinyirin orang lain,mencampuri urusan orang lain yang seharusnya tidak boleh dia lakukan. Pernah tuh dia bilang kalau ga minat masuk jadi PNS,etapi begitu ada issue mengenai penerimaan PNS,langsung deh tuh bbm-in Hot buat nanya-nanya. Dijawab cool aja sama Hot "belum ada"... Hahahahha.. Singkat,padat,jelasss!!!

Saya jadi berpikir,kenapa ya ada orang yang begitu banget. Udah dibantuin temen,ga tahu berterima kasih. Udah dibaikin,malah mengeluarkan pernyataan-pernyataan negatif. Kita juga sebagai teman kan lama-lama ogah juga ya punya temen yang begitu.
Pengalaman ini hanya untuk mengingatkan saya dan yang membaca tulisan ini,kalau udah punya temen yang baik yang selalu membantu,mbok ya jangan direse'in... Karena kita ga tahu,kapan kita akan sangat membutuhkan bantuan temen.
Eh,kalau ada yang baca,dan tahu siapa "Bunga" yang saya maksudkan disini,boleh deh senyum-senyum sambil ketawa ngakak seraya berkata dalam hati "kennaaa lu chaaa ama diaaa"..
Jadi temen yang baik itu gampang kok,ga harus selalu traktirin temen atau harus nemenin setiap saat,cukup menjadi pendengar serta advisor yang baik. Ga harus selalu ketemu,saling menyapa melalui media sosial atau via messenger,kan jaman sudah maju,ada banyak media yang dapat digunakan. Tapi,jangan jadi temen yang tahunya manfaatin doang juga yaaahh,tahu temennya baik,malah bener-bener dimanfaatin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar